Bedakah jumlah tulang rusuk wanita dan lelaki?

Masih pada #PLPG2012, waktu lalu.  Seorang guru menyampaikan IPA Kelas 4, tentang rangka manusia.   Dengan “Pede” ia mengatakan bahwa “Jumlah Rusuk Lelaki dan Wanita Jumlahnya Berbeda“,  Karena dari rusuk pria telah diambil satu oleh Alloh, untuk membuat seorang wanita.   Saya tanya, “Betul itu pak?”  dengan yakin si Bapak berkata, “Betul, Bu! Kan perempuan diciptakan dari tulang rusuk lelaki, jadi tulang rusuk lelaki ada yang hilang!”  Lalu saya arahkan,  “Coba, pak lihat lagi gambar rusuk yang bapak buat,  itu tulang rusuk siapa? Lelaki atau perempuan?”   Si Bapak agak berpikir sedikit, lalu dengan “Pede, ia menjawab.  Ini tulang rusuk perempuan kayanya karena tidak ada yang hilang!”  Saya *TEPOK JIDAT lagi deh!

Ok, kita bahas. Tentang tulang rusuk.   Tulang rusuk manusia ada 12 pasang, yang terdiri dari 7 pasang rusuk sejati, 3 pasang rusuk palsu, dan 2 pasang rusuk melayang.  Sains meyakini tidak ada perbedaan jumlah jumlah antara tulang rusuk perempuan dan lelaki.

Tak dipungkiri  agama islam, ada  hadits: “Berbuat baiklah kepada wanita, karena sesungguhnya mereka [wanita] diciptakan dari tulang rusuk, dan sesungguhnya tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas. Maka sikapilah para wanita dengan baik.” (HR al-Bukhari Kitab an-Nikah no 5186).   Sepertinya dalam agama samawi lainnya pun punya kesamaan “ut for Adam, no suitable helper was found. So the LORD God caused the man to fall into a deep sleep; and while he was sleeping, he took one of the man’s ribs and closed up the place with flesh. Then the LORD God made a woman from the rib he had taken out of the man, and brought her to the man  (Genesis 2: 20b – 22, NIV © 1983 by Zondervan Corp.).     Tetapi apakah ini makna sesungguhnya?  Bahwa tulang rusuk lelaki hilang! Pada situs   http://biology.clc.uc.edu/courses/bio105/ribs.htm telah dibahas tuntas, hasil foto x-ray pada perempuan dan lelaki, menunjukkan bahwa jumlah tulang rusuk lelaki dan wanita sama-sama 12 pasang!!!  So, JANGAN  pernah mengatakan pada anak bahwa JUMLAH TULANG RUSUK LELAKI DAN WANITA BERBEDA, karena FAKTA JUMLAH TULANG RUSUK WANITA DAN LELAKI SAMA.

Wanita terbuat dari tulang rusuk pria bagian atas yang paling bengkok, hanya menunjukkan konotasi saja, bukan beneran sesuai FAKTA.  Konotasi bahwa memahami wanita itu tidak mudah dan harus hati-hati.   Konotasi ini untuk menunjukkan pria punya tugas mendidik isteri, dan mendidik isteri itu tidak mudah, perlu kesabaran.

Sebelumnya dimuat disini –> See more at: http://yantiherlanti.com/?p=334#sthash.VURO3M6s.dpuf   <— sekarang udah ditutup situsnya karena di HACK FANS JKT48

18 thoughts on “Bedakah jumlah tulang rusuk wanita dan lelaki?

  1. After tightening the product, I double checked that the product lined up with the strings.
    Customized Workout Programs – The most popular aspect of i
    – Fit Live is the ability to have personalized workout programs loaded onto your treadmill based
    on your fitness goals. It makes no difference to the performance, the principle being that the color of the lens blocks greens and
    browns, which are the most common foliage and rough colors,
    and sharpens the color of the ball against the now dull background, making it much easier to spot.

  2. Kalau menurut pendapat saya, wanita pertama memang di buat dari tulang rusuk laki-laki, tidak dikatakan bahwa setiap wanita di buat dari tulang rusuk laki2.

  3. Klo menurutku.wanita di buat dari tulang rusuk itu tulangnya nabi adam( manusia pertama ) munculah hawa wanita pertama. Dan dari mereka berdua jadilah kita”.
    Itu menurut saya ajah. 🙂

    • Ya, Hawa diciptakan dari tulang rusuk Nabi Adam As. Bukan berarti setiap wanita diciptakan dari tulang rusuk laki-laki, sehingga yang tulang rusuknya berkurang hanyalah Nabi Adam As untuk menciptakan Hawa. Jadi anak-anak hawa yang laki-laki dan perempuan tetap tulang rusuknya sama seperti Nabi Adam As pertama kali diciptakan dengan tulang rusuk yang lengkap. (itu menurut pemahaman saya).

  4. Banyak hal yg di percayai agama ternyata tidak bisa di buktikan secara sains. Tapi seperti biasa agama tidak pernah salah. Pffttt

  5. yg diciptakn dr tlg rusuk tu Siti Hawa apa wanita,?
    terus yg diciptakan dr setetes mani SIAPA,???
    MANUSIA diciptkan dr TANAH apa dr setetes MANI,?????

    • siti Hawa atuh dengan jenis kelamin yang Allah Ta’ala bedakan, dengan sebutan wanita. Mausia pertama diciptakan dari tanah, itu keyakinan saya sampai sekarang karena Allah menciptakan manusia pertama dari tanah. setelah diciptkan Adam Alaihissalam dan Hawa Alaihissalam maka, kedua insan yang berbeda inilah yang Allah ciptakan untu menikah. dari pernikahan Adam dan Hawa, artinya anak Adam dan Hawa tercipta dari setets Mani yang Allah Ta’ala kehendaki. jadi berbeda riwayat dan penciptaan masanya. wallahu a’lam

  6. maksudnya sesuai dengan teknologi cloning dna jaman modern sekarang ini. bahwa , bagian tubuh manusia bisa diambil cukup sedikit saja untuk di cloning dan modifikasi dna.
    kenapa tulang ? karena ada maksud filosofis dan maksud lain yang belum kita ketahui.
    kenapa jumlah tulang sama atau tidak ada cacat? pengambilan dna tidak perlu mengambil banyak bahan, bahkan, sehelai rambut pun bisa. ketika sampling sedikit diambil, maka tubuh pun bisa melakukan self healing, sehingga tidak tampak cacat berarti pada manusia yang diambil samplingnya.

    Hikmahnya adalah, jauh sebelum manusia modern menemukan teknologi cloning, Sang Pencipta sudah memberikan petunjuk akan hal tersebut ada, bahwa sesuai dengan science. Zaman dahulu orang bisa bilang hal tersebut mustahil atau non science, tapi tidak sekarang setelah beribu-ribu abad telah maju.

    Sami’na wa ato’na, Dengar lalu taati.

  7. Terjemahan tulang rusuk dalam Genesis 2 di atas kurang tepat. Saya kutipkan langsung dari terjemahan versi orang Yahudi sebagai berikut :

    “And the Lord God caused a deep sleep to fall upon man, and he slept, and He took one ‘of his sides’ (mitsalotav), and He closed the flesh in its place.”

    Dari sumber yg lain juga ada :
    https://www.ou.org/torah/machshava/tzarich-iyun/tzarich_iyun_adams_rib/

    Misconception:According to the traditional viewpoint, Chava was created from one of Adam’s ribs.

    Fact: According to the opinion of Rashi and many other medieval commentators, “woman” was created from one side of Adam, not from his rib.

    Akar kata “tsela” ini banyak dipakai dalam ayat2 yg lain merujuk pada sisi suatu bangunan.

    Exodus 25:14
    And you shall bring the poles into the rings on the sides (tsalot) of the ark, to carry the ark with them.

    Exodus 26:27
    “and five bars for the planks of the second side of the Mishkan, and five bars for the planks of the [rear] side (tsela) of the Mishkan, on the westward end.

    Sedangkan rusuk (ribs) dalam penggunaan yg lebih jelas tertulis sebagai (ilin) dapat ditemukan dalam kitab

    Daniel 7:5
    And behold another second beast, resembling a bear, and it stood to one side, and there were three ribs (ilin) in its mouth between its teeth, and so did they say to it, ‘Get up, eat much meat.’

    Jadi sisi atau belahan bagian dari Adam bukan hanya diartikan sebagai tulang rusuk tapi secara keseluruhan tulang dan daging Adam. Dalam konteks Ibrani manusia pertama Adam memiliki karakter laki2 dan perempuan dalam satu tubuh, sering juga dikatakan sebagai genderless tidak berkelamin pria maupun wanita.

    Dengan penjelasan di atas sehingga sambung dengan :

    Genesis 2:23
    And man said, “This time, it is bone of my bones and flesh of my flesh. This one shall be called ishah (woman) because this one was taken from ish (man).”

    Semoga penjelasannya membantu.

  8. Assalamualaikum wr.wb,
    kenyataannya memang benar bahwa hawa bukan diciptakan dari tulang rusuk adam.
    Allah hanya memberikan informasi bahwa hawa dijadikan dari diri yg satu yaitu adam.
    Tuhan kita adalah pencipta dan bukan tukang sulap.
    penciptaan manusia yaitu adam dan hawa beserta keturunannya tertulis pada surat al insaan ayat 2.
    Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat.

    yg diuji disurga adalah adam dan hawa.
    yg diuji di bumi adalah keturunan mereka.

    wassalamualaikum wr.wb,

    ustad sayyid

  9. Bismillah.
    Kl menurut sy, st. Hawa mmg diciptakan dari tulang rusuk Nabi Adam. Tp, tulang rusuk yg Allah Subhanahu wa Ta’ala ambil dari tubuh Nabi Adam A.S tidaklah secara utuh 1 potong tulang besar, melainkan hanya berupa “sample” DNA yg berasal dari tulang rusuk paling bengkok. Wallahu a’lam bish showab.

    Sbgmn dlm sebuah ayat, ttg “perkataan setan” dalam Al Qur’an;
    “dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka mengubahnya”. Barangsiapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata. (Q.S An Nisa’ :119)

    Di dalam ayat tersebut terdapat kutipan “memotong telinga-telinga binatang ternak” dan “mengubah ciptaan Allah”. Ada beberapa yang menafsirkan spt ini;
    Pada ayat di atas terdapat kalimat “yubattikunna,” yang berasal dari verba “battaka” yang artinya “untuk memotong atau menghentikan.” Terdapat pula kalimat “yughayyirunna” yang berasal dari verba “ghayyara,” yang berarti “untuk mengubah, merusak sesuatu dari bentuk asli . Pada akhir dari kedua verba tersebut muncul “nun” yang dalam satu aspek, akan menunjuk pada kegiatan ilmiah dari kloning organisme (wallahu ‘alam.). Hal Itu karena eksperimen kloning umumnya dilakukan dengan sel yang diambil dari telinga hewan. Dengan kata lain, replika makhluk hidup diproduksi dengan mengambil sel dari sampel jaringan “pemotongan telinga hewan”, seperti yang dijelaskan dalam ayat tersebut.

    Dalam proses kloning, DNA dari sel jaringan kliping telinga pada makhluk hidup akan disalin dan ditempatkan di bawah mikroskop, selanjutnya ditempatkan ke dalam sel telur dari anggota lain dari spesies yang sama. DNA hewan dimaksudkan untuk disalin dan digunakan untuk proses kloning ini. Kemudian Sengatan listrik diterapkan, sehingga merangsang sel telur untuk memulai pembelahan. Embrio terus membagi dan ditempatkan ke dalam rahim dari anggota spesies, dan kemudian ditinggalkan untuk berkembang dan dilahirkan.

    Upaya kloning secara umum mengubah/merusak ciptaan Allah. Secara wajarnya, proses terciptanya makhluk hidup (hewan dan manusia kecuali penciptaan Nabi Adam, st Hawa, dan Nabi Isa) berasal dari sel telur dan sperma yang bertemu. Proses kloning, “mengubah”nya menjadi penyalinan DNA pada sel telur kosong yang dirangsang dengan sengatan listrik. Hasil dari “pengubahan” proses wajar penciptaan makhluk hidup tsb juga PASTI menimbulkan hal yang TIDAK WAJAR juga, atau dlm kata lain menghasilkan “kerusakan” thd makhluk yang dihasilkan. Tercatat lebih dari 90% upaya kloning gagal menghasilkan ketidakmampuan berketurunan ( mandul ). Selain tingkat keberhasilan yang rendah, hewan hasil kloning cenderung memiliki fungsi kekebalan yang lemah dan tingkat infeksi yang tinggi, pertumbuhan tumor, kanker, dan gangguan lainnya.

    Sebagaimana proses “pemotongan telinga hewan ternak” utk proses kloning yang merujuk pada hanya “mengambil sampel DNA pada telinga hewan”, begitu pula dgn proses penciptaan Siti Hawa dari “tulang rusuk Nabi Adam ‘alaihis Salam” yang hanya memerlukan “DNA dari tulang rusuk Nabi Adam ‘alaihis Salam”. Wallahu a’lam bish showab

  10. Hati-hati dalam membuktikan sesuatu…! Semuanya harus dikaji lbh dalam utk mengungkap kebenaran dari suatu kejadian.

    Di dalam bbrp hadits, dikatakan bahwa Siti Hawa tercipta dari tulang rusuk paling bengkok. Kemudian ada beberapa org yang dengan “semangat menggebu” ingin membuktikan berita tsb. Mrk berdalih, “Jika mmg Hawa tercipta dari tulang rusuk Nabi Adam A.S, berarti ada tulang rusuk YANG HILANG”. Lalu mrk berusaha membuktikannya dgn langsung “memeriksa” struktur tulang manusia sekarang. Dan menemukan fakta bahwa “TIDAK ADA TULANG RUSUK YANG HILANG DARI TUBUH LAKI-LAKI” atau “JUMLAH TULANG RUSUK LAKI-LAKI SAMA SEPERTI JUMLAH TULANG RUSUK WANITA”. Lalu kemudian mrk berputus asa, dan seketika itu muncullah KERAGUAN dalam hati mrk.

    Ada KESALAHAN yang FATAL dalam proses “pembuktian” spt di atas, yaitu mrk ingin membuktikan HILANGNYA TULANG RUSUK NABI ADAM A.S. Tapi sayangnya mrk membuktikannya dgn MEMERIKSA tubuh manusia sekarang, bukan tubuh Nabi Adam. Tentulah tidak akan didapat hasilnya.

    HATI-HATILAH DALAM MEMBUKTIKAN/MENETAPKAN SESUATU. Jika pengetahuan kita blm cukup banyak, jgnlah berani-berani mengkritik firman Allah dan sabda Rasulullah.
    Apalah kita ini di hadapan ALLAH YANG MAHA PERKASA, YANG MAHA MENGETAHUI, YANG MAHA MENCIPTAKAN, YANG MAHA KUASA.

Komentari dong artikelnya, terima kasih!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s