Show up Your Arguments! #Lemlit2013

Saya meminta anda untuk mengemukakan argumen anda berkaitan dengan Genetically Modified Organism (GMO).  Isu ini pada saat ini marak kembali dengan adanya krisis kedelai di Indonesia.  Solusinya adalah “produksisasi GMO” itu kata Menteri Pertanian kita, saya meminta anda untuk memahami GMO berserta pro dan kontranya dan meminta anda mengisi kuisionernya yang ada di bagian bawah dari blog ini.  Terima kasih atas kerjasamanya, Saya berdo’a supaya anda masuk surga dengan mengisi kuisioner ini.  Amin”

A.  PENDAHULUAN

Pernah mendengar GMO?  Genetically Modified Organism (GMO) adalah organisme (dalam hal ini lebih ditekankan kepada tanaman dan hewan) yang telah mengalami modifikasi genome (rangkaian gen dalam chromosome) sebagai akibat ditransformasikannya satu atau lebih gen asing yang berasal dari organisme lain (dari species yang sama sampai divisio yang berbeda). Gen yang ditransformasikan diharapkan dapat mengeluarkan atau mengekspresikan suatu produk yang bermanfaat bagi manusia.   Secara sederhana GMO adalah organisme yang materi genetiknya dimdodifikasi untuk tujuan tertentu atau secara singkat dapat dikatakan sebagai organisme hasil rekayasa genetika.  Salah satu produk yang banyak dikembangkan secara masal adalah tanaman transgenik.    Tanaman transgenik digunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan sandang.  Amerika serikat adalah pelopor dalam komersialisasi produk GMO.  Pada satu sisi GMO memberi keuntungan terutama pada ketahanan pangan, dan terpenuhinya kebutuhan pokok.  Pada sisi lain menuai kontroversi, terutama dari sisi dampak negatif terhadap lingkungan.  Banyak Negara Eropa yang menolak produk GMO, bahkan pada tahun 2010 terjadi advokasi agar Eropa bebas GMO (lihat http://www.genet-info.org/).

Bagaimana dengan di Indonesia? Kapas transgenik pada tahun 2001 pernah ditanam di Sulawesi Selatan,  dan menuai kontroversi, berbagai LSM lingkungan melakukan penolakan terhadap penanaman tanaman transgenik,  dan pada tahun 2003 penanaman dihentikan.  Kronologis dapat dilihat di: http://www.beritabumi.or.id/?g=liatinfo&infoID=ID0011&ikey=3

B.  TUGAS

  1. Bacalah artikel-artikel yang tersaji pada tautan yang ada pada bagian C (sumber)
  2. Setelah anda membaca, anda akan menentukan posisi, setuju dan tidak setuju terhadap budidaya tanaman GMO di Indoensia, dan konsumsi tanaman GMO oleh masyarakat Indonesia.
  3. Proses selanjutnya adalah menjawab standpoint yang ada pada bagian D (evaluasi).
  4. Terakhir anda diminta membuat wacana argumentasi berkaitan dengan kesimpulan terhadap sikap anda terhadap tanaman GMO baik dari budidaya

C.     PROSES

Berikut ini adalah tautan yang bisa anda baca, sebelum anda menentukan posisi setuju atau tidak terhadap GMO.

GMO apa, mengapa, dan bagaimana

GMO antara peluang dan ancaman

GMO antara Pro dan Kontra

Pro GMO

Kontra GMO

D.     EVALUASI

Standpoint:

  1. Setujukah anda dengan penanaman tanaman GMO di wilayah Indonesia? Kemukan data-data, alasan mengapa anda setuju/tidak setuju, juga hal-hal yang mendukung lainnya!
  2. Setujukah anda dengan konsumsi tanaman GMO oleh masyarakat Indonesia? Kemukan data-data, alasan mengapa anda setuju/tidak setuju, juga hal-hal yang mendukung lainnya!
  3. Berikan kesimpulanmu terhada budidaya tanaman GMO di Indonesia dan konsumsi tanaman GMO oleh masyarakat Indonesia!

JAWABANMU, LANGSUNG DIISI DI SINI, Jangan lupa klik KIRIM:

Advertisements

Komentari dong artikelnya, terima kasih!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s