Anak sebagai sumber investasi???? #ThinkAgain

Pagi ini saya baca diskusi di posting teman tentang REFLEKSI “haji”, ia menuliskan sebuah kisah:

“Seorang nenek berusia 70 tahun, sebagai IRT ia menggiring anak-anaknya hingga semua bisa sekolah dan dewasa, ibu dan nenek ini tak pernah meminta apapun dari anak-anaknya secara materi.  Ketika ditanya mengapa begitu, “Biarlah pahala membesarkan mereka akan diterima dengan utuh” lama hal itu berjalan, sampai suatu saat  ketika ekonomi anak-anaknya itu telah stabil, anak-anaknya tanpa janjian terlebih dahulu memberikan dana dengan jumlah yang bebeda-beda dan mengatakan pada ibu mereka agar dana itu dapat digunakan untuk naik haji”.  Si nenek bercerita pada ustadazah tempat pengajiannya, saya lihat cucu-cucu saya tumbuh dengan baik. sehat dan shaleh, tahun depan kelihatannya enak jika saya naik haji”

 

komentar yang berdasarkan sebuah kisah itu menyentak hati! Kenapa? karena kita sering menganggap anak sebagai sebuah investasi dan anak dikenai kewajiban “MULANG JASA” (BALAS BUDI).  Sebagai orang tua frame ini lekat sekali, sehingga si ortu menuntut anak untuk mengirimkan biaya bulanan sampai dengan tuntutan menghajikan, terkadang ortu tidak melihat bagian dalam si anak kalau ekonominya masih pas-pasan.  Dan ini kesalahan FATAL dari orang tua!!!

Kita sebagai ortu diamanahi anak-anak sebagai bagian ibadah kita kepada alloh swt, dan ketika kita berhasil membawa anak2 menuju kedewasaan dengan bekal ilmu yg mumpuni untuk hidup mandiri, maka pada saat itu amanah itu tertuntaskan, lalu siapa yang membayar semua pengorbanan harta, waktu, pikiran, dan tenaga untuk anak-anak kita??? BUKAN ANAK KITA YANG HARUS BAYAR, tetapi alloh swt saja yang bayar!

So, sebagai ORTU kita harus punya paradigma “ANAK ADALAH AMANAH ALLOH SWT, BUKAN OBJECT INVESTASI”

 

Advertisements

Komentari dong artikelnya, terima kasih!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s