Reformasi atau Revolusi atau Restorasi???

Bayang2 tahun 1993 selalu melekat, saat itu AMIN RAIS melontarkan gagasan NEGARA FEDERASI bagi Indonesia. Saya masih ingat, sesama mahasiswa mengkritisi gagasan Amin Rais yang absrud ini. Diskusi antar mahasiswa menyimpulkan “bahaya gagasan AMIN terhadap NKRI”. Lama kemudian kumpul2 politik ini berhenti ketika saya jadi guru. 1997 krisis moneter, 1988 tuntutan Soeharto turun. Waktu itu keinginan mahasiswa dan rakyat sederhana “Soeharto turun, karena rakyat jenuh 32 tahun dipimpin oleh pemimpin yang sama” namun ternyata AMIN punya pandangan lain. Momen 1998 ini yang dimanfaatkan beliau untuk MEMFEDERASIKAN INDONESIA dengan istilah yang lain tentu saja yaitu OTONOMI.

Pada saat ini saya jadi sadar, mengapa Amin memilih tetap jadi MPR bukan millih jadi presiden, karena MPR saat itu merupakan lembaga tinggi yg kekuasaannya di atas presiden. Amin ternyata mengawal terus tercapainya negara federasi seperti yang pernah dilontarkannya di awal tahun 1990-an. Boleh jadi suara rakyat saat itu hanya sampai ganti presiden saja, tapi Amin??? REFORMASI BIROKRASI dianggap sebagai akar masalahnya bukan sekedar SOEHARTO (Alm).

Maka reformasi besar2 terhadap UUD dan BIROKRASI dilakukan. Apa yang terjadi di Indonesia saat ini mirip dengan AS, duplikasi. Fatalnya AS dengan otonomi atau federasi lahir dari sosiokultur mereka, Indonesia dengan otonominya memaksakan diri mengikuti sosiokultur AS. Sebenarnya tahun 1950-an kita pernah menerapkan RIS (Republik Indonesia Serikat) tapi gagal akhirnya dektrit presiden 1959 mengembalikan lagi ke UUD 1945. Sekarang??? Kegagalan-kegagalan reformasi mulai tampak, dollar terus naik melampaui 12.000. Sebagaian besar mungkin menyalahkan SBY yang lamban, benarkan hanya karena kapabilitas presiden saja???? atau krn sistem yang tidak sesuai fitrah dan sosiokultural???

Revolusi: ….kita sudah lakukan saat mengambil Indonesia dari tangan Belanda

Reformasi: Kita sudah lakukan…UUD 1945 dan pancasila yang dianggap sakti mantra guna, diamandemen dirombak…jadilah seperti sekarang…. beban utang meninggi….ekonomi labil…politik berbiaya tinggi…birokrat & partai saling berlomba mendulang korupsi…

Kita adalah saksi atas sejarah pergantian sistem….bagaimana ke depan?? 2014 SUKSES DENGAN LANJUTKAN REFORMASI, atau malah akan terjadi REVOLUSI atau SEKEDAR RESTORASI??? mari kita jadi saksi sejarah!!

Advertisements

2 thoughts on “Reformasi atau Revolusi atau Restorasi???

Komentari dong artikelnya, terima kasih!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s