Milih PT buat Anak #Sekolah

Masa-masa milih sekolah tingkat dasar dan menengah lewat sudah bagi si Aa.  Now, saatnya milih universitas.  Gak boleh sembarang pilih.  Mentang2 TOP dan mahal main masukin aja.  Kudu selektif karena masa depan dia ada di tangan PT.  Salah2 milih PT berakibat susah kerja.  Misalnya kalau mau daftar PNS, minimal PT terakreditasi B.  Kenapa??? Karena mutu PT dijamin di situ.

Rencananya kalau IPB atau UI atau UNDIP gak lolos…cadangannya tentu saja swasta.  Trettt mata tertuju pada Psikologi BINUS.  Hitung-hitungan paling tidak saya harus sedia 50 juta nih buat masuk kesana! But…cek akreditasi di web BINUS.  Duh, ini akreditasinya cuma C.  Lalu beralih ke Psikologi Gunadarma…hitung2 harus sedia 20 juta untuk masuk.  And…akreditasi pernah A tapi sekarang turun jadi B.  Wah mendingan milih GUNADARMA dong!!!  Murah dan akreditasi B.

Eh, tapi PTN juga gak jamin akreditasi B atau A loh! Tergantung kinerja dan kualitas dosen serta  komitmen prodi PTN itu dalam penjaminan mutu perkuliahan.  Banyak PTN yang akreditasi mentok di C, saya sarankan gak pilih Prodi di PTN kalau akreditasinya babak belur.

Untuk mengetahui akreditasi prodi-prodi di PTN sebaiknya cek di sini:  http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php

Si Sulung sih gak ada rencana buat nyekolahin di Luar Negeri, selain selama sekolah dasar dan menengah males2an Les Bahasa Inggrisnya, karena dia sendiri enjoy di Indonesia.  Tapi, bagi Emak2 yang minat nyekolahin ke luar negeri juga kudu hati-hati, tidak semua universitas di luar negeri bisa disetarain ijazahnya.  Untuk cek universitas luar yang direkomendasikan DIKTI tengok2lah di sini:  http://ijazahln.dikti.go.id/rekap_per_pt.php

SELEKTIF PILIH PERGURUAN TINGGI, SEHINGGA MASA DEPAN ANAK KITA GAK TERGADAI!

Advertisements

One thought on “Milih PT buat Anak #Sekolah

  1. kalau aku berpendapat.. pilih PT yang ternama, mahal dan punya channel di dunia kerja. kalau nggak bisa masuk PTN, maka pilihlan PTS yang bonafid. emang sih biayanya mahal.. cuma kadang perusahaan agak ‘rasis’ memilih lulusan dari PTS yang bonafid daripada PTS yang SPPnya dibawah 500 ribu per bulan.

    pengalaman pribadi sich.. makanya itulah tantangan buat orangtua,, carilah duit yang banyak,, bukan buat anak yang banyak 😀

    *salam kenal ya*

    Brillie,
    http://antie.info

Komentari dong artikelnya, terima kasih!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s