Kartu Kredit, perlu gak?

Photo on 1-11-14 at 12.51 AM

Awalnya sih gak minat banget punya kartu kredit.  Masih mengandalkan debit.  Namun seiring dengan aktiftas pembelian online dan pembelian tiket pesawat juga booking hotel, maka disinilah mulainya.  Adik saya waktu itu ngingetin “udah waktunya punya kartu kredit, karena biasanya saya pinjam punya dia kalau ada hal yang dibutuhkan.  Hehehe”

So, udah dua tahun ini saya pake kartu kredit.  PRINSIP yang selalu saya pegang adalah “Pake kartu kredit, harus yakin bulan depan bisa bayar LUNAS” kalau gak, mendingan gak usah dipake deh!”

Selama dua tahun ini beberapa keuntungan yang didapatkan adalah:

  1. Kemudahan beli tiket pesawat dan kereta api secara online.
  2. Kemudahan booking hotel – gak usah khawatir bakal gak dapet hotel compfortable kalau perjalanan ke luar kota atau luar negeri, karena kita udah booking.  Biasanya saya pake jasa AGODA atau Booking.com buat booking hotel. Lumayan juga suka dapet promo.
  3. Nah, ini yang gak pernah kepikir sebelumnya.  Ternyata suka ada promosi cicilan 0% di toko-toko.  So, saya bisa beli gadget SAMSUNG dan MacBook Air dengan cicilan fix tiap bulan dan 0%, mantap banget nih promo.  Bersyukur banget, dulu waktu beli Mac dollar 10.000 harganya 10 jutaan, sekarang harga dollar udah 12 ribu-an, harga Mac-ku udah 12-13 juta an.  Dan waktu itu saya bisa cicil dengan 200 rb per bulan.  Lumayanlah…sebagian dikontan sesuai ketersediaan Cash, sebagian ya udah dikredit dengan 0%.
  4. Satu lagi…kartu kredit digunakan buat beli sofware antivirus…langgan weblog…dan beli lagu-lagu di itunes.

Lumayan lah, selama ini kartu kredit membantu banget aktifitas saya.  Kemarin sih saya pake silver VISA.  Tapi ternyata kalau buat beli tiket pesawat rombongan 5 orang, kartu kredit saya gak bisa dipakai karena flavon-nya gak cukup, so akhirnya saya apply lagi yang baru dan pake GOLD MASTER.

Tapi jangan pernah gunakan kartu kredit buat belanja di Mall, kenapa?? Kita akan bayar lebih mahal dari harga yang tercantum di struk belanjaan kita saat bayar kartu kredit kita nanti.  Bingung sih kenapa begitu, tapi begitulah yang pernah terjadi ketika saya coba kartu ktedit buat belanja di Yogya Supermarket dan Giant…kita akan kena subchange 3% dari belanjaan kita.  Jadi jangan deh pake kartu kredit buat belanja-belanji, pake DEBIT lebih baik.  Jadi tetep aja, harus menggunakan kartu kredit dengan bijaksana, karena walau bagaimana pun namanya BANK ya BANK!  Sistem kerjanya seperti rentenir.

Advertisements

One thought on “Kartu Kredit, perlu gak?

Komentari dong artikelnya, terima kasih!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s