Kecewa pada Jokowi?

Kenaikan BBM sudah diumumkan.  Lantas ramelah lini massa… Sebagian ada yang kecewa dengan keputusan Jokowi, uniknya yang banyak kecewa dengan keputusan Jokowi justeru yang tidak memilih Jokowi.

Saya sih mah bertanya aja, “Apa yang harus dikecewakan dengan Jokowi?”  Ketika kita milih Jokowi kita mempercayakan Jokowi untuk menjalankan NKRI dengan landasan UUD 1945 yang telah direvisi dan aneka UU lainnya serta berbagai Agreement perjanjian Internasional yang telah ditandatangani oleh pemerintahan sebelumnya.  Artinya secara ekonomi pun kita harus siap TIDAK BERPINDAH KIBLAT ke Ekonomi Islam atau Ekonomi Kerakyatan, tetapi masih mendasarkan pada EKONOMI NON REAL. Walau di awal kampanye Jokowi menjanjikan EKONOMI KERAKYATAN ala SOEKARNO-HATTA…namun saya sendiri sangsi bisa dijalankan, IMPOSIBBLE bagi Jokowi menjalankan sesuai IDEALISME saat kampanye, karena apa? Banyangkan hampir 32 tahun plus 16 tahun reformasi atau tepatnya 48 tahun sejak ORBA ekonomi negara kita sudah dibelit dengan kuat bahkan sudah menjadi darah dan daging oleh EKONOMI NON REAL dan PASAR BEBAS.

Dan konsekuensi dari itu semua harus siap juga menanggung kenaikan BBM yang kapan saja bisa naik, selama harga BBM kita belum sama dengan harga BBM yang ditetapkan oleh harga pasar di dunia atau istilah gampangnnya “Harga BBM pertamina akan terus naik sampai ketemu dengan harga BBM yang dijual SHELL, PETRONAS, dan TOTAL”.

Apa yang terjadi kalau harga BBM di Pertamina telah sama dengan harga BBM di SPBU Asing? Gampang — Pertamina akan gulung tikar, Kok bisa? Ya bisalah! Pertamina walaupun sudah pasang pasti pas …tetap saja suka curang, sementara SPBU asing menjunjung kepastian dan pelayanan.  Sekarang pertamina masih merajai karena harganya yang lebih murah walau dengan pelayanan seadanya.  Besok lusa bisa senasib dengan PETRONAS di Indonesia yang sudah gulung tikar.  Daya saing BUMN kita rendah, kalau tidak disubsidi pemerintah.  Apa ruginya kalau PERTAMINA gulung tikar? Yg jelas lah negara tidak akan mendapatkan 25% keuntungan Pertamina jika ditutup.  Lalu darimana negara akan membiayai belanja pegawai dan santunan rakyat miskin?? ***HUTANG…..HUTANG — nah, kalau sudah banyak hutang bagaimana posisi Indonesia di dunia??? *mikir

Pada ekonomi Non Real — SUBSIDI maknanya bukanlah memberi bantuan kepada rakyat — tapi merupakan SELISIH harga antara harga pasar dunia dengan harga yang berlaku di Indonesia.   Dan terus terang saya selalu gagal paham “Mengapa harus menyesuaikan dengan harga pasar di dunia yang untuk BBM ditetapkan oleh NYMEX?”  Kalau mau jual mah, jual aja sesuai dengan harga produksi dan distribusi mengapa harus sama dengan harga pasar dunia???

Jadi haruskah kita kecewa pada Jokowi? *Hemm…selama disumpah untuk menjalankan NKRI sesuai dengan PAKEM EKONOMI NON REAL yang notabenenya semua PAKEM itu sudah ter-UU-kan, maka buat apa kecewa.

Namun, jika dari awal Jokowi tampil sebagai calon revolusioner yang akan merevolusi sistem pemerintahan yang ada.  Mempunyai kekuasaan melebihi kekuasaan DPR/MPR dan bebas berbuat apapun sesuai ambisi pemikirannya…#maka, Anda berhak kecewa pada Jokowi jika tidak menjalankan janjinya.

Jokowi hanyalah seorang pemimpin disebuah sistem yang terlanjur bobrok.  Sekuat apapun Jokowi membenahinya, tetap saja akan menemui kesulitan yang tinggi.  Jadi, saya lebih memilih tidak menghujatnya, tetapi memakluminya saja.

Mungkin akan dibilang kok MAKLUMERS?? Ya, karena saya orang yang tidak punya kepentingan dan ambisi politik apapun.  Saya tak berjuang untuk menggantikan sistem yang ada dengan sistem alternatif, saya juga bukan pejuang untuk meraih kursi di sistem yang ada…

Saya memaklumi karena jika pun saya di posisi Jokowi, saya akan seperti beliau tetap bekerja walaupun “BUKAN HAL MUDAH” bekerja di sebuah bahtera rapuh dan koyak” ….paling tidak bisa membawa penumpang dengan selamat ke tujuan dan tidak karam di tengah laut …. itu sudah untung.

Advertisements

Komentari dong artikelnya, terima kasih!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s