20. Learn Moral from Japanese People

28 Februari – 1 Maret 2015, bagi mahasiswa saya Qumilalila, Alvian, Rista, Latifa, dan Ian merupakan peristiwa yang tak akan terlupakan.   Selasa 3-3-2015 saya sempatkan untuk merefleksi kegiatan yang telah mereka lakukan selama lima hari menemani survei diberbagai wilayah di kecamatan Tangerang Selatan, dari mulai daerah kaya, miskin, Bank Sampah, TPST, TPA, gedung pemerintahan, dan lain-lain.  Pertanyaan saya adalah “Apa yang mereka telah pelajari selama program?”

  • #1: Mereka suka membereskan sendiri, misalnya di Mc Donald.  Mereka membereskan makanan dan sampah2 di meja, tidak mengandalkan OB.
  • #2: Mereka bersih sekali, habis makan selalu sikat gigi.
  • #3: Mereka punya kecepatan dalam inisiatif, ketika saya mengatakan tak mungkin memperoleh sample sebanyak itu pada daerah yang dikunjungi, maka mereka membuat keputusan untuk mencari sample di Mall.
  • #4: Mereka itu gigih, tapi tidak ngotot.  Misalnya ketika membutuhkan data ke Bank Sampah, padahal di list kita tidak ada kunjungan ke Bank Sampah, maka mereka meminta dengan hormat.  Akhirnya, kita mengantar ke sana, ketika sudah sampai di sana, maka dia sangat berterima kasih sekali.
  • #5: Mereka tidak membuang sampah sembarangan, mereka simpan sampah sampah ketemu tempat sampah yang sesuai, dan mereka maunya membuang sampah sesuai yaitu anorganik ke anorganik gak mau sembarangan.
  • #6: Mereka itu senang menyenangkan hati orang lain, ketika kita bilang maaf ya Indonesianya gak bersih.  Mereka malah bilang, di Jepang juga ada kok tempat yang gak bersih.
  • #7: Mereka tepat waktu sekali, ketika itu bangun terlambat 7.30, mereka langsung beres-beres dan mengabaikan sarapan, lebih bersegera kumpul bersama kita.
  • #8: Mereka tidak membuang sedikitpun makanan yang ada.  Sisa makanan yang kita punya aja, bisa mereka makan loh bu! [No Waste]
  • THE LAST “Di program ini saya menemukan banyak orang yang HUMBLE”

Itu sebagian kecil saja moral orang-orang Jepang.

Lalu bagaimana dengan kita? Ini adalah beberapa moral orang Indonesia yang terkadang membuat orang-orang asing “jenggah” dan bertanya-tanya kepada saya “Mengapa orang Indonesianya seperti ini?”

  • #1: Mencela, ini mungkin jagonya kita.  Di twitter, di FB, bahkan di TV ini biasa.  Sampai-sampai ‘presiden – simbol negara – juga kena celaan.  Mencela ras atau suku tertentu.  Mencela orang yang tidak pakai jilbab atau hijab.  Mencela orang pakai janggut dan celana cingkrang.  Mencela…mencela…mencela…
  • #2: Gede banget gharizah baqo-nya sehingga selalu mempertahankan diri, gak mau disalahkan.  Dibandingkan memohon maaf atau menulis permintaan maaf dengan sungguh-sungguh, maka kita lebih untuk mengungkit-ungkit hal-hal yang bisa dijadikan point untuk membela diri.  Atau kalau pun dia mau minta maaf, maka ditunjukkan dulu saya benar kamu salah, tapi saya minta maaf (????).  Pada akhirnya, kita gak pernah belajar dari kesalahan dan merasa tidak mempunyai hati legawa.
  • #3: Tidak tahu berterima kasih. — Barang yang pernah diberikan sebagai hadiah, grant, hibah, dll tapi tidak dijaga dengan baik —
  • #4: Pandai menyalahkan orang lain, tapi tidak pernah merefleksi kesalahan sendiri.
  • #5: Pandai ngeles.  Mencari-cari alasan yang masuk logika, padahal ketahuan bohongnya.
  • #6: Tidak mau mempertimbangkan perasaan orang lain, maunya orang tahu perasaan saya bagaimana [Egois].
  • #7: Ngotot dan maksa.  Kadang tidak mempeduli kesusahan orang untuk memenuhinya, yang penting harapan saya terpenuhi, bahkan pula ngotot terhadap kesalahan.
  • #8: Menuntut hak, tapi leha-leha pada kewajiban.
  • The Last: ternyata “Banyak orang dewasa yang perkembangan EMOSIANAL dan MENTAL nya masih seperti anak-anak

Mengapa ini terjadi??? Karena tidak pernah belajar untuk meningkatkan kecerdasaran moral?? Karena menutup diri untuk belajar dari pengalaman?? Karena pergaulan yang sempit?? Karena sudah merasa pintar?? Karena mereka berhenti belajar??  Atau materi lebih dikejar daripada relasi sosial??

#Mari pikirkan apa penyebabnya!

Advertisements

Komentari dong artikelnya, terima kasih!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s