RESEPSI PERNIKAHAN #1.BUDGET

Berapa budget terendah untuk sebuah pernikahan yg disebut sederhana? 50 juta? Ya, mungkin dg kondisi inflasi dan kurs dollar tinggi harga segitu low budget banget!!!

Dan 50 juta itu….
1) Bisa dipakai uang muka rumah t.36
2) bisa beli motor kawasaki ninja atau 3 buah motor sekaliber mio matic.
3) bisa beli 5 buah iphone 6.
4) bisa dipakai jalan2 untuk 2 orang ke jepang.
5) bisa beli 18-25 kambing qurban.

Apa urgensinya resepsi? Walimah tul ursy bermaksud mengumumkan pernikahan.  Sehingga orang tahu bahwa pasangan sdh menikah dan tidak timbul fitnah atau ghibah.  Siapa yg berkepentingan dg Walimah tsb? Orang yg menikah itu sendiri.  Teman2 org yg menikah harus tahu bahwa ybs sdh menikah.

Fakta yg sering terjadi adalah pernikahan ditunda-tunda karena biaya nikah yg fantastis.  Dan celakanya lagi biaya fantastis itu diperuntukkan bagi sebuah gengsi.  Para orang tua seakan2 berlomba siapa yg bisa menyajikan pesta pernikahan anaknya paling hebat maka gengsi dan martabat org tua naik.  Aih……aih….#aku berlindung kepada alloh dari perbuatan demikian

Padahal esensi pernikahan bukan diresepsinya namun kelangsungan after resepsi.  Bukan rahasia umum banyak selebriti Indonesia menghabiskan miliyaran buat resepsi namun rumah tangga mereka bertahan seumur jagung.  Padahal esensi pernikahan bukan GENGSI tapi Seberapa kuat menahan badai rumah tangga, membawa biduk berlabuh walau goncangan ombak meninggi.

Mengapa kita tdk menyelenggarakan dg sederhana? Aqad bisa dilakukan di mesjid atau rumah, dihadiri tetangga dan handai taulan.  Makanan after aqad sbg jamuan bisa disajikan secara sederhana.  Jika acara pagi lontong sayur atau nasi uduk atau roti bisa menjadi sajiannya.  Melalui aqad sederhana, cukup sudah informasi bagi para tetangga dan handai taulan #JUSTMERRIED.

Lalu  bagaimana dg teman2 mempelai? Undang saja teman2 terdekat pada suatu kesempatan ke sebuah resto buat makan bersama. Berapa dihabiskan untuk makan bersama ini? paling banyak 5.000.000 dengan mengambil tempat di RESTO AMPERA MISALNYA.

Dg gaya resepsi spt ini –lebih hemat bukan?– tidak ada pihak yg diberatkan.  Esensi Walimah tul ursy pun dapat.

Jadi, kenapa perkara yg mudah masih dipersulit? Ibu2 dan bapak2 mari kita sadari untuk mempermudah urusan org lain termasuk calon mantu dan besan…. Insyaalloh perkara mempermudah urusan org lain adalah disukaiballoh swt.

Advertisements

Komentari dong artikelnya, terima kasih!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s