Skenario ALLOH?? #miskonsepsiTakdir

“Ini sudah bagian dari Takdir Tuhan”
“Ini skenario ALLOH SWT”

Saya paling benci jika orang2 yg berselingkuh kemudian menikah dg selingkuhannya lalu dia berkata INI NAMANYA JODOH, ini takdir ALLOH, ini skenario ALLOH!

Saya pikir ucapan mereka keterlaluan menyalahkan ALLOH swt untuk sebuah perbuatan dzalim yg mereka lakukan.

Dan ucapan spt itu umum diucapkan oleh mereka penikmat selingkuh yg berhasil menikahi selingkuhannya. Menganggap sebagai KEHENDAK ALLOH SWT.  Bahkan ada seorang teman yg kurang ajar sampai mencantumkan ayat “Jika ALLOH sudah menghendaki terjadi, maka terjadilah….” pada kartu undangan mereka seakan hendak menohok kita semua yg berpandangan sinis terhadap aksi selingkuhnya, bahwa kita harusnya legawa ini takdir ALLOH swt.  Duh……..SAYA SEBAGAI SEORANG YG BERIMAN MARAH TERHADAP INI SEMUA!!! Tega ya!!! Menyalahkan ALLOH swt untuk berlindung dari perbuatan haram “selingkuh”.

Ok, saya mengkaji  ttg iman terhadap qodho dan Qadar melalui kitab NIZAMULISLAM karya Syekh Taqiyuddin Annabhani.  Diantara berbagai kitab yg ada, kitab ini yg paling baik pembatasannya, logis juga kritis.  Apa isi dalam kitab Tsb?

1) qodha-qadar TIDAK mencakup perbuatan yg kita bisa pilih.  Misalnya kita punya kuasa menolak atau menerima org yg dicalonkan menjadi istri/suami, kita juga bisa pilih cinta kita kepada siapa dilabuhkan? Pada yg masih perawan atau gadis atau janda/duda atau istri/suami orang? Pada yang kaya atau pas-pasan? Pada yg berwajah ganteng atau pas2an? Itu semua bisa dipilih dan INI TIDAK MASUK WILAYAH QODO, QADAR, ATAU TAKDIR!!!

2) Qadar adalah ketentuan ALLOH terhadap khasiat dan masa/waktu, serta jumlah.  Misalnya khasiat api membakar itu Qadar.  Kapan seseorang mengakhiri kejombloaan atau masa melajang, atau kapan lahir, kapan mati itu semua wilayah Qadar.   Qadar juga termasuk rizki yg banyak atau sedikit. 

3) qodho adalah ketetapan ALLOH yg TDK bisa diubah dan tak ada peran manusia untuk memilih.  Misalnya kita dilahirkan di Indonesia bukan di Arab atau Inggris; hidung kita ternyata mancung atau pesek; dan termasuk juga qodho berniat nembak burung yang kena kepala org.  Kematian atau kecelakaan pada org tsb adalah qodho. 

Jadi selama MANUSIA DIBERI PILIHAN maka itu bukan wilayah qodha-qadar.  Lalu bagaimana dg tulisan di laufuhmahfudz? Bukankah itu sebuah buku skenario ALLOH?? Skenario ALLOH ndasmu opo? Tentang laufuhmahfudz itu menunjukkan KEMAHATAHUAN ALLOH…Bukan termasuk qodha-qadar dan tak ada kaitannya.

Jadi, KENAPA selingkuh-ERS tidak sportif?? Kenapa gak bilang aja YA INI PILIHAN HIDUP SAYA BUKAN URUSAN ANDA.  Itu lebih sportif daripada mengkambinghitankan ALLOH atas perbuatan yg dihujat banyak org!!!

Cobalah bijak! Org2 korban selingkuh aja bijaksana dan mereka mengatakan “ya, ini mah ujian dari ALLOH, semoga senantiasa dikasihi kesabaran, dan Org2 zalim mendapatkan balasan yg setimpal dari ALLOH swt.

Wallohualam bisawab.

Advertisements

Komentari dong artikelnya, terima kasih!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s