What is Dajjal? #I_just_saw @mozaikislam

Abis isya tidur, bangun jam 11.  Gak bisa tidur lagi.  Jam 1.42 ternyata masih ada acara Mozaik Islam di TransTV, isinya mengupas tentang Dajjal.  Bahkan hadits riwayat Daud menyebutkan pertemuan sekelompok pelaut dengan Dhajal yang terikat dan tidak bisa keluar karena di larangan Alloh swt.  Konon katanya nanti Dajjal itu akan keluar dalam 40 hari bisa masuk ke seluruh bagian dunia ini kecuali dua kota yaitu Mekah dan Maddinah, karena kedua negara itu dijaga oleh malaikat.  Ternyata sebelumnya cirinya juga sudah ada di khazanah Trans7.

Dajjal diriwayatkan dalam hadist ahad HR Bukhari dan HR Daud.  Hadits tersebut bercerita tentang kemunculan dan tempat dhajal.  Lain dengan Muhammad Isa ahli jin yang menyatakan Dajjal akan muncul di Segitiga Bermuda, Hadits ahad merujuk dhajal akan muncul di timur di sekitar Yaman dan Syam, petunjuk dari hadits ahad itu menunjukkan pada sebuah pulau indah di Yaman bernama Pulau Socotra yang merupakan pulau terpencil bagian dari Propinsi Aden Yaman.

Saya sendiri sih bertanya, apakah Dajjal itu SOSOK FISIK atau sebenarnya hanya SIFAT MANUSIA?

Saya pernah diajarkan dalam beriman kepada Alloh swt berpedoman pada sumber-sumber mutawatir saja, adapun untuk sumber2 ahad, kita hanya sampai pada wallohualam bi sawab dan tidak membahasnya lagi.  Sumber-sumber mutawatir merujuk bahwa beriman fokus pada RUKUN IMAN YANG ENAM.  Adapun hal lainnya yang sifatnya ghaib ini….kita hanya bilang wallohualam bi sawab dan tak perlu membahasnya lebih lanjut karena pembahasan terkait dengan itu menjadikan iman kita tidak produktif.

Hari ini setelah nonton @mozaikislam saya menyadari benar apa yang pernah diajarkan oleh Syekh Taquddin An Nabhani tentang iman yang produktif.  Pembahasan tentang dajjal membuat tuduhan Pulau Socotra, sebuah pulau yang unik dan UNESCO mellindunginya karena keragaman hayati yang ada di dalamnya.  Saya sih kebayang aja, jika hal terkait dengan dajjal ini menjadi sebuah pembahasan instens di kalangan muslim, lalu dajjal ini mengarah pada SOSOK atau SESEORANG dan menempati sebuah pulau di belahan bumi ini, maka seorang penguasa muslim yang memiliki pemahaman serta kepercayaan terkait dajjal seperti ini, mungkin akan serta merta dia menghancurkan suatu pulau.  Jika itu terjadi pada Pulau Socotra, maka musnahlah salah satu ‘heritage’ dunia. HUHHH BARBAR bukan? Ini akan jadi Kublai Khan atau Jengis Khan jilid II yang banyak menghancurkan heritage dunia.

Pada era bioteknologi seperti sekarang, sosok dajjal yang digambarkan bermata satu, bertubuh besar, berbulu tebal, dan berambut ikal akan mudah diciptakan melalui proses mutasi atau rekayasa lainnya.  Tentu saja para ahli rekayasa genetika masih menahan diri melakukan rekayasa genetika pada manusia, terkait BIOETIKA.  Namun, bukan hal yang tidak mungkin rekayasa genetika pada manusia dilakukan secara diam-diam dan boleh jadi Dajjal adalah kegagalan fisik rekayasa genetika, tapi memiliki keunggulan dari sisi kemampuan lainnya.

Tapi what ever lah asumsi-asumsi tentang dajjal itu, idealnya umat tidak disibukkan dengan pembahasan hadits2 ahad terkait hal ghaib dan asumsi gaib masa depan, karena untuk hal tersebut kita hanya diberikan ilmu sedikit.  Lebih produktif jika yang dibahas BAGAIMANA IMPLEMENTASI SYARIAT ISLAM DALAM KEHIDUPAN KITA SEHARI-HARI, APA YANG SUDAH KITA SIAPKAN UNTUK BEKAL DI HARI PENGHISABAN KELAK? APAKAH KITA TELAH MEWARISKAN BUDAYA HIDUP MADANI PADA ANAK CUCU KITA KELAK? itu lebih produktif dibandingkan dengan berpikir hal2 ghaib yang kita hanya diberi pengetahuan sedikit saja.

Bogor, 3 Ramadhan #JustThink, Write what i think although it’s nothing#

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Komentari dong artikelnya, terima kasih!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s