Tur Kieu 

Turkey dieja pakai bahasa sunda mah jadi Tur Kieu artinya katanya begini atau beginilah ceritanya…. Kira2 tanah sunda pernah berkenalan dengan Tur Kieu gak ya? Tak ada manuskrip dari pajajaran atau galuh yang menunjukkan kerjasama tersebut.  Boleh jadi karena kerajaan sunda lebih dulu tenggelam sebelum turki utsmani berdiri.  Namun kedekatan nusantara dan turki besar sekali, ketika perang Aceh Turki bantu Indonesia. Wali Songo pun datang menyebarkan islam nusantara karena perintah khilafah ustmaniyah di Turki.

Tur Kieu benteng terakhir kekhilafahan islam, setelah sekulerisasi Otomatis 1/3 bagian dunia yg berada pada satu daulah islamiyah bubar.  3 maret 1924 khilafah Ottmaniah yang dibangun oleh Rasulullah saw di Madinah hancur….. “Kemal Attarturk tokoh sejarah yg menghancurkannya”.   Pembubaran yg nyaris tanpa perlawanan berarti, jika kita hidup diera 1980-1990  terjadi seperti itu pada UNI SOVIET,  tanpa perlawanan “Glasnot dan prestorika” telah menceraiberaikan unisoviet menjadi negara2 kecil yg merdeka.  Now, tinggal China yg masih menjadi negara raksasa.  

Kini kisah baru dimulai di Turki.  Erdogan sebagai presiden Turki adalah bagian dari organisasi transnasional IKHWANUL MUSLIMIN/IM. Sebagaimana kita tahu organisasi ini menyebar ke seluruh negara dengan menyandang nama partai keadilan… atau nama IM sendiri.  Goal akhir dari IM adalah berdirinya kembali khilafah islamiyah.  Sebenarnya bukan hanya IM tapi Hizbut Tahrir pun punya maksud yg sama.  Bedanya IM melebur jadi partai peserta pemilu. Sedangkan HT memilih bergerak di luar sistem.

IM/di Indonesia PKS, akan senantiasa berusaha meraih pimpinan tertinggi pengendali negara yaitu presiden.   Sudah itu bgmn?

Nah, drama Turki menjadi tontonan kita bagaimana pola gerakkan IM.  Sangat disadari bahwa stabil memerintah bukanlah hal mudah.  Mursi lengser dan menjadi partai terlarang di Mesir setelah sebelumnya dialami PAS di Aljazair dan Malaysia.  Kemudahan mereka lengser karena dukungan rakyat yg kurang.  Dukungan rakyat kurang, karena citra sang pemimpin tdk terbangun di mata publik.  Alih2 membela sang pemimpin, malahan rakyat jadi benci.  Tampaknya Erdogan cerdas belajar dari pengalaman.  So, menampilkan citra sbg presiden yg santun, care, dicintai rakyat itu yg diperlukan.  Bagaimana menguji loyalitas rakyat? Awalnya sih saya gak percaya kudeta Turki sebuah “test water” tapi membaca perkembangan akhir2 ini Turki melarang gerakan Tasawuf “Fettulah Gulen” yg penuh damai, saya jadi pikir ulang. Kita semua tahu gerakan seperti ini non politik, berhikmat pada dunia pendidikan dan sosial.  Sebagai catatan sebelum kudeta pun berkali-kali Erdogan menyerukan larangan terhadap Fettulah Gullen/FG. Dan ketika kudeta terjadi tertuduh pun kembali disematkan pada FG.   Test water berhasil, walaupun harus mengorbankan rakyat, tapi Erdogan tahu posisinya dicintai rakyat dan didukung rakyat.  Mungkin sekarang tinggal merealisasikan agenda2 IM lainnya….

Tur kieu….. Akankah berimbas ke Indonesia?

Ada 8 juta aktifis dan simpatisan PKS di Indonesia.  8 juta itu yg sudah 17 tahun dari catatan prmilu 2014.  Lalu hitung saja berapa jumlah SD-SMA ISLAM TERPADU di Indonesia, hitung jumlah murid dan ortunya,  ini belum termasuk pesantren Tahfidz dan Sekolah Berasrama, lembaga dakwah kampus di kampus PTN termasuk PTAIN seperti di UIN yg mahasiswanya tak bisa milih krn KOS dan KTP.  So…….????? 

Ya….dikembalikan lagi pada kita semua, mau hidup Indonesianya bgmn? 

#justThink better than nothing. 

Advertisements

Komentari dong artikelnya, terima kasih!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s