Pembelajaran Online Bagi Milenial

Pendekatan apa dan media apa yang paling cocok bagi milenial, pertanyaan ini bergelayut di benak kita ketika kita harus menyajikan pembelajaran secara online karena pandemik COVID19. Tulisan ini mungkin bermanfaat bagi semua pihak dalam memilih media yang sesuai bagi generasi milenial ini, baik masa kini maupun masa mendatang.

Pada tulisan sebelumnya saya menyelipkan hasil survei pada 117 mahasiswa jurusan Tadris Biologi UIN Jakarta, bahwa mahasiswa menyukai pembelajaran melalui google clasroom, googlemeet, dan edmodo. Dalam perkuliahan di Tadris Biologi, dosen sebetulnya menggunakan ragam media. Media yang paling disukai mahasiswa dalam pembelajaran online adalah 1. google classroom, 2. whatapps, 3. Googlemeet. Hal ini juga mengacu pada media yang paling banyak digunakan dosen dalam perkuliahan online.

Hal yang menarik lain pada survei ini adalah bagaimana kaum milenial ini dalam akses pembelajaran online.

  1. Kartu yang banyak digunakan kaum milenial dari provaider indosat dan telkomsel. Data ini akan memudahkan bagi Kampus dengan siapa bekerjasama untuk menyediakan paketan gratis pembelajaran online.

2. Mahasiswa lebih banyak menggunakan paketan dari telepon gengam, ini berarti pembelajaran online lebih memudahkan jika dilakukan mahasiswa melalui telepon gengam.

3. Sinyal lemah dan kehabisan kuota, menjadi kendala dalam pembelajaran online.

4. Kaum milenial ini aktif di media sosial instagram dan whatapps

Komentari dong artikelnya, terima kasih!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s