言葉:how to organize?

Sejak belajar bahasa jepang, saya bukan orang yang “tarapti” menyimpan kumpulan kotoba atau kata-kata baru di satu buku khusus atau folder tertentu. Tapi tersebar dimana-mana, pada buku, modul aki no sora, pada mini note, pada file-file word yang bernama kotoba 1, 2, 3, bahkan sengaja dibiarkan di skype berdasarkan catatan sensei. Akibatnya, jika lupa udah semua tempat dicari dulu. とても便利じゃねい!Gak praktis banget, akhirnya 時間無駄!Buang-buang waktu!

Nah, timbul ide untuk membuat lebih mudah mencari kotoba yang pernah dipelajari, karena dalam berbahasa “KOTOBA atau KOSA KATA” itu penting, gak hapal kosa kata ya gak bisa ngomong. Sama sekalian menakar, seberapa kotoba yang sudah diberikan para sensei dan berapa persen saya mampu menghapalnya.

Untuk itu semua akhirnya saya bikin di excel, lebih mudah mengorganisasinya, dan juga bisa dibikin ala-ala pencarian mirip kamus gitu. Pokoknya lumayan lah, ini baru dua level pemula yang sudah saya entri data kotobanya, ada 250 buah…. jadi tiap level ada seratusan kotoba dipelajari, ada 6 level lagi menunggu dimasukan kotobanya, Wah banyak ya! 頑張ります!

Komentari dong artikelnya, terima kasih!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s