Kelas Biologi Online

Bagi mahasiswa biologi, karya CAMPBELL bisa dianggap sebagai kitab suci.  Nah, kini kita bisa belajar buku ini melalui kelas maya! Ayo, selamat menikmati!

KELAS MAYA CAMPBELL

Advertisements

Again! Always fun!

Facebook…..! Dibalik berbagai berita negatif pemanfaatannya oleh sebagian orang kurang akal [Selingkuh, penculikan, dll],  facebook menyimpan potensi digunakan oleh guru dan dosen dalam pembelajaran, terutama membahas isu sosiosainstifik.  Ok, banyak media sih bisa digunakan untuk diskusi, dari mulai blog, edmodo, dan lain-lain.  Tapi FACEBOOK tetaplah terbaik, selain familiar di kalangan pelajar dan mahasiswa.  Facebook punya daya muat komentar yang luar biasa tanpa LOW LOADING [Hasil riset disertasi].  Dan bagaimana kesan mahasiswa selama diskusi isu sosiosaintifik melalui facebook, ini dia!

Screen Shot 2015-12-06 at 7.33.02 AM.png

  • Menghargai waktu yang berjalan, buru” dan bikin deg-degan saat waktu mau habis.
  • Sangat berkesan, dan banyak menambah pengetahuan dari forum diskusi ini. Sempat menjalankan perkuliahan online sebelumnya waktu semester 2, tetapi tidak berjalan terstruktur seperti saat ini. Namun masih terkendala dengan koneksinya nih Bu, hehe smile emotikon terima kasih banyak bu Yanti Herlanti Full
  • Feeling saya bu, jadi panik karena signal trouble yang tidak stabil. Seru juga bu, karena ini baru pertama kalinya diskusi dalam online.
  • first moment ! diskusi online on facebook, seru dan berkesan, belajar menghargai waktu dan juga pendapat orng lain
    thank you very much Mrs. Yanti Herlanti Full smile emotikon
  • otak, otot, dan jantung jadi semakin terlatih bu hihi

LENGKAPNYA bisa tenggok disini: DISKUSI ISU SOSIOSAINTIFIK ONLINE 

#Edusains: Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Internet

Pernahkah kita mendengar seorang guru Sekolah Dasar mengatakan “Tugasnya mengumpulkan artikel tentang astoronot di internet. kalian cari aja di google ya!”

Apa? Menyuruh peserta didik tingkat SD terjun ke internet mencari sendiri di google?? Menurut saya itu terlalu gegabah.  Bagaimana kalau para peserta didik ke sasar ke situs-situs yang tidak layak mereka lihat? Lalu bagaimana dengan waktu yang dihabiskan peserta didik? Apakah dia menjadi “anteng” berselancar, hingga akhirnya lupa pada tugas utamanya?

Ya, INTERNET adalah HUTAN BELANTARA.  Seorang guru tidak selayaknya memberikan tugas berbasis internet tanpa panduan apapun.    Ketika sekolah mencanangkan BERBASIS ICT, maka tentu saja harus siap dengan GURU-GURU yang terampil memanfaatkan ICT.  ICT bukan menyerahkan begitu saja pada Mbah Google.  Tetapi laiknya guru harus memberi scaffolding.

Bagaimana caranya? Ok, sedikit promosi saja ya! Alternatif yang bisa dipakai guru adalah BLOGQUEST.  Apa itu BLOGQUEST? Contohnya aja deh silahkan buka: PEMBELAJARAN BLOGQUEST DI HIKARI.  Itu adalah salah satu contohnya.

Dan semua bapak dan ibu guru bisa kok membuatnya. Tidak perlu biaya dalam membuat BLOGQUEST seperti itu yang paling penting adalah kemauan dan keterampilan.

OPEN TRAINING PEMBUATAN BLOGQUEST

Materi:

  1. Mengenal QUEST
  2. Pembuatan QUEST
  3. Pengenalan weblog
  4. Pembuatan BlogQuest+

HUBUNGI +628562191971 untuk konfirmasi.

 

 

 

 

Fotosintesis

Fotosintesis adalah konsep yang abstrak bagi anak SD.  Konsep yang mikroskopis ini menjadi lebih mudah dipahami oleh anak SD ketika menggunakan gambar analogi seperti di bawah ini.   Klorofil dianalogikan sebagai makhluk hijau yang bekerja dan aktif karena menampung sinar matahari, aktif memasak bahan2 makanan yaitu air dan udara untuk dihasilkan gula dan udara.  Yuk tenggok gambarnya yang diambil dari buku Childcraft 2001.

analogi fotosintesis untuk siswa SD

analogi fotosintesis untuk siswa SD

Jurnal terindeks Scopus #Science & Biology Education

Menulis jurnal internasional, bukan perkara yang sulit kalau kita mau berusaha dan memiliki trik2.  Nah, ada beberapa jurnal yang terindeks scopus yang bisa kita submit, di bawah ini adalah jurnal internasional bidang pendidikan sains:

  • http://www.ejmste.com  Terbitan Turkey
  • http://www.tused.org, terbitan Turkey
  • Journal of Science Education (Colombia)
  • Journal of Science Education and Technology (Springer, USA)
  • Journal of Science Teacher Education (Springer, Germany)

Karena saya dari pendidikan biologi, berikut ini jurnal biologinya:

Nah, makin berbahasa inggris suatu negara, makin susah buat standar bahasanya!  Selamat submit ya

Catatan #PLPG

image

Kali ini saya kembali mantau sesi peer teaching untuk guru2 MI. Seingat saya terakhir mantau peerteaching 2010 atau 2011….
Tiap peerteaching ada saja hal lucu yg ditemui.

Kali ini tentang daur hidup hewan.
“Daur hidup hewan dibagi menjadi daur hidup sempurna dan tidak sempurna”

Ketika refleksi saya berseloroh “kalau daur hidup hewan tak sempurna artinya cacat ya?”

Tentu saja bukan begitu.
Para guru ini telah salah paham dg konsep.

Seharusnya daur hidup hewan dibagi menjadi 2 yaitu 1. Yg mengalami metamorphosis (klas ampibi, insekta, echinodermata, molusca).  2. Yg tdk mengalami metamorphosis (mamalia, aves, ikan…).   Nah, baru hewan yg mengalami metamorphosis dibagi menjadi yg bermetamorphosis sempurna dan tdk sempurna.

…………………..

Me, Wijaya Kusumah, and Grandma!

One a student tweeted me:

@pudja_kusumah_: Pagi bu @yantiherlanti, sya mau tanya, nama latin bunga wijaya kusuma apa ya bu? Epiphyllum oxypetalum atau Epiphyllum anguliger?

And then i answered:

  1. Di wiki anguliger itu Wijaya Kusuma yg hdp di india dan mexico atau disebut juga zigzag kaktus. 
  2. Ocypetalum untuk wijaya kusuma yg mekar di malam hari yg biasanya banyak tumbuh di Indonesia
  3. Wijaya kusuma disebut juga bunga ratu malam/queen of the night nama latinnya @pudja_kusumah >>> Epiphyllum oxypetalum
  4. Byk yg salah ya? Lihat wiki in english @pudja_kusumah_ | Wijaya kusuma disebut bunga ratu malam/queen of the night (Epiphyllum oxypetalum)

Weit Wijaya Kusuma ini memang bunga yang tak asing bagi saya.  Nenek saya punya pohonnya, bahkan ini pohon favoritnya selain kuping gajah tentu saja.  Dari saya SD sampai kini pohonnya masih ada, dipelihara terus di halaman rumah alm nenek oleh bibi saya.  Jadi, kalau berkunjung ke Bandung dan bunganya sedang mekar, pikiran saya langsung melayang ke nenek saya dan juga keisengan saya waktu kecil.

Hanya saya dan keluarga saya yang punya tanaman ini, jadi tetangga2 tidak punya.  Nah, isengnya kalau mekar….”pulang ngaji malam hari, waktu saya kecil sih belum ada listrik jadi kita gelap2an pulang, gak juga bawa obor…karena depan2 rumah cukup terang dengan cahaya bulan atau petromak”.  Lewat halaman depan rumah kita, langsung saya hentikan langkah teman2.  “Heyyyy! Ssttt coba cium dulu, ada bau2 gak?” Temen2 berhenti dan mengendus2…“ih iyayayaya ada bau bunga”  Sambil bergaya menakuti saya berkata, “Hiihihihi masa ada harum bunga malam hari, berarti….???”  Tanpa babibu lagi….mereka menjerit-jerit menuju rumah mereka.  Tinggallah saya yang tertawa terkekeh-kekeh melihat mereka ketakutan.  Hahahah jail deh!

Nah, parah lagi…kalau ada orang-orang yang lewat di jalan pipir/samping rumah ku, dan terdengar gumanan mereka. “Ih…ini malam2 kok bau bunga ya?” kebetulan dinding kamarku dari kayu dapat mendengar bisikan mereka, serta merta aku keluarkan bunyi “Hihihihihihihi……!”  Sontak aja mereka mempercepat langkahnya.  Sekali lagi aku pun terkekeh-kekeh….

Karena bermanfaat untuk nakut-nakutin temen, kalau tunas bunga wijaya kusuma ini muncul, saya akan menunggunya berhari-hari sampai kuncupnya siap mekar nanti malam, dan bersiap2 menakut-nakuti tentu saja. Hahahaha….

______________________________________________________________________________

Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk dilombakan, hanya “I noted what i think even you will think is nothing”

Percobaan2 Sains Sederhana

Video experiment: http://www.youtube.com/user/pakscienceclub?feature=watch

  • Ekstrasi DNA dari bawang: http://www.youtube.com/watch?v=IsXxf5VfYaY
  • Fotosintesis: http://www.youtube.com/watch?feature=player_detailpage&v=J1jQcdm0HgM
  • Osmosis kentang: http://www.youtube.com/watch?v=i0epq8J_K5k

 

Sumber belajar biologi: http://www.cposcience.com/home/ForEducators/MiddleSchoolLifeScience/tabid/276/Default.aspx

Efek rumah kaca, karena banyak bangunan dari kaca?

Dalam sebuah kesempatan, saya memberikan pertanyaan apa yang menyebabkan efek rumah kaca. Sangat terkejut ketika ada yang menjawab, penyebabnya adalah banyaknya gedung-gedung yang berkaca di jakarta. #heuheuheu lagi-lagi salah konsep.

Entah, darimana mereka mendapatkan pemahaman ini! Jelasnya, pemahaman ini salah. Efek rumah kaca adalah sebuah kondisi dimana cahaya matahari yang diserap tidak dapat diteruskan samppai ke atmosfer, tetapi dipantulkan kembali ke bumi karena troposfer kita terhalangi oleh berbagai partikel-partkel atau molekul-molekul gas, salah satunya adalah karbondioksida. Akibatnya, suhu dipermukaan bumi menjadi panas, kondisi ini mirip ketika berada di rumah kaca.

Continue reading

Bedakah jumlah tulang rusuk wanita dan lelaki?

Masih pada #PLPG2012, waktu lalu.  Seorang guru menyampaikan IPA Kelas 4, tentang rangka manusia.   Dengan “Pede” ia mengatakan bahwa “Jumlah Rusuk Lelaki dan Wanita Jumlahnya Berbeda“,  Karena dari rusuk pria telah diambil satu oleh Alloh, untuk membuat seorang wanita.   Saya tanya, “Betul itu pak?”  dengan yakin si Bapak berkata, “Betul, Bu! Kan perempuan diciptakan dari tulang rusuk lelaki, jadi tulang rusuk lelaki ada yang hilang!”  Lalu saya arahkan,  “Coba, pak lihat lagi gambar rusuk yang bapak buat,  itu tulang rusuk siapa? Lelaki atau perempuan?”   Si Bapak agak berpikir sedikit, lalu dengan “Pede, ia menjawab.  Ini tulang rusuk perempuan kayanya karena tidak ada yang hilang!”  Saya *TEPOK JIDAT lagi deh!

Continue reading