Dollar, Why hegemony US?

Pelajaran ekonomi itu….
Baru bener2 saya dapatkan saat kuliah, waktu SMA isi pelajaran ekonomi di kelas I SMA cuma kooperasi yang dibahas, kelas berikutnya masuk IPA and BYE EKONOMI.  Ehhhh di PTN ketemu matakuliah Ekonomi banyak lagi,  Matakuliah yang saya hindari karena gak pernah ngerti, tapi sialnya selalu ketemu, tingkat I ketemu ekonomi makro-mikro berikat responsi dari kakak kelas yang ngejelimet gak ngerti, walhasil dapat si UDANG BUNGKUK aja harus sujud syukur untuk mata kuliah ini. Dan saya pun ogah masuk jurusan semacam SOSEK (Sosial Ekonomi), tapi dasar sial masuk fakultas pertanian pun harus berhadapan dengan EKONOMI PERTANIAN, yahhh akhirnya kudu kerja keras lagi memahami, dan dengan susah payah dapat B. Suka heran sama orang yang gampang banget pahamnya, saya harus jungkir balik memahaminya. Eh dikirain selamat dari ekonomi karena ambil jurusan GIZI, tahunya harus ketemu lagi sama EKONOMI GIZI – Ekonomi keluarga. Duh…..untung akhirnya bisa dapat A. And….itu semua sistem ekonomi yang dipelajarinya FULL TEORI KAPITALIS. Yg paling diinget ke sektor keluarga, adalah bagaimana Ngerencanain usaha dengan fluktuasi suku bunga! Kadang pengen banget abai dengan segala teori dan aplikasi EKONOMI KAPITALIS ini, tapi bagaimana mau abai, kalau tahun kemarin harga GEHU masih 250 satu buah kini 2.000 dapat 3, bahkan depan kampus itu udah 2.500 dari 500 perak! Kok bisa? Ya bisalah tahun kemarin dollar 10.000 kini 13.500. Kok, gantungin sama dollar. Ya, itu faktanya. Parahnya lagi nilai tukar dollar terhadap rupiah itu sangat dipengaruhi banget kebijakan ekonomi US. Loh, kok bisa? Itu yang gak aye ngarti juga. Tapi ekplanasi di detik.com ini cukup bantu mahaminya.

Summer detik.com “Ekonomi di Gantung The Fed”

photo

The Fed adalah sebutan Federal Reserve, sebuah bank sentral AS.  Apa hubungan the fed dengan naik turn rupiah terhadap dollar? analogy keluarga paman sam dan paman rupiah.

Keluarga paman sam: “Kaya raya banget deh”, bank/pemilik modal demen minjamin karena jelas dia kaya dan bisa ngembaliin pinjaman.  Tarun 2008 dia sakit, dia hanya mau minjam ke bank/pemilik modal yang kasih bunga kecil saja.  Bank/pemilik modal ragu minjamin, nanti gak bisa balikin dia kan lagi sakit.  Celakanya tetangga kaya lainnya juga sakit.

Keluarga pak rupiah: “ini gak sekaya keluarga pak sam, boleh dibilang katagori miskin deh”  Bank/pemilik modal gak percaya kalau ngasih utangan. Tapi Pak Rupiah gak hilang akal ‘siapa yang mau pinjamin dia utang, dikasih suku bunga dan keuntungannya tinggi’.  Karena Pak Sam lagi sakit, maka sejak 2009 bank/pemilik modal nyoba peruntungan minjamin ke pak rupiah.  Pak Rupiah jadi rebutan para bank/pemilik modal yang mencoba peruntungannya, maka nilai rupiah pun naik.

TOKO EMAS: Nilai emas gak bisa dihapus, maka bank/pemilik modal yang cemas kesehatan pak Sam ramai2 nyimpan emas sejak 2008.  Harga emas pun naik.

Di RUMAH SAKIT: Kesehatan Pak Sam membaik sejak 2012,  walau belum bisa kasih bunga tinggi kalau minjamin ke dia, tapi bank/pemilik modal melihatnya sehat dan tak ada kecemasan.  Mereka mulai minjami lagi pak Sam dan meninggalkan pak rupiah dan toko emas, maka nilai rupiah pun melemah.

BUNGA TINGGI:  Lalu pak Sam berniat menaikkan suku bunga jika semakin sehat.  Bank/pemilik modal makin semangat minjami pak Sam dong, dan tentu saja makin meninggalkan Pak Rupiah.  Akibatnya RUPIAH RONTOK!!!

______

Jadi bagaimana sebaiknya pak rupiah, menurut kamu???

Pilih siapa? #myPreident

Mulai panas ya? Pemilu 2014!!! Siapa jagoan mu??

  • Dari demokrat ada Gita Wirjawan, Anis Baswedan, Dahlan Iskan, dan Marzuki Ali…
  • Dari PKS ada Anis Matta dan Hidayat Nurwahid
  • Dari PDI …entah jadi atau tidak Jokowi dicalonkan atau Megawati yang mau maju lagi…
  • Dari PBB kalau uji UU Pilpres lolos di MK maka Yusril maju jadi Capres.
  • Dari Gerindra ada Probowo
  • Dari Hanura dari Wiranto
  • Dari PKB atau PPP (?) yang mencalonkan Rhoma Irama
  • Dari Golkar ada Abu Rizal Bakri

Pilihannya siapa (???)  Kalau saya sih sangat konsen dengan TIM Ekonomi yang mereka bentuk…bukan sekedar smart, soleh, atau bahkan handsome.

Kalau demokrat siapapun Presidennya sudah dipastikan ekonomi neoliberal menjadi sandarannya.  Secara ideologi, partai ini merupakan partai transnasional perpanjangan dari ideologi Partai Demokrat AS.  Ideologi yang kental dengan liberalisme termasuk pada sistem ekonominya.  Berharap perubahan sistem ekonomi pada partai ini? hemm think again!!!  Siapapun pemimpin yang ditawarkan oleh partai ini, maaf “Saya tidak terlalu yakin akan mengubah kibat sistem perekonomian”  Dalam kerangka liberalisme, “pasar dunia menempatkan Indonesia sebagai konsumen bahkan buruh potensial dan negara-negara maju sebagai produsen dan manajernya”  maka jangan banyak berharap Indonesia akan mengenjot ekonomi REAL dan pengolahan BUMN untuk kepentingan rakyat.  Yang terjadi justeru privatisasi atau penjualan BUMN dan menyuburkan ekonomi berbasis kredit, suku bunga, dan ragam ribawi lainnya.  Saya pribadi sih, “siapapun calon dari Demokrat…rasanya gak tega saya mencoblosnya”.   1 suara saya akan menjeburkan rakyat indonesia pada sebuah sistem liberalisme ala AS.  Maaf, saya Gak tega sama rakyat.  Saya yakin, rakyat Indonesia masih bisa di-setting menjadi manusia berdikari bukan sekedar hamba sahaya.

PKS?? Seperti halnya demokrat partai ini merupakan partai Transnasional dari Ikhwanul Muslimin di Mesir.  Jelas sekali partai ini berideologikan islam, dalam sisi politik namun untuk masalah ekonomi…maaf saya belum menemukan kitab yang dikarang oleh Mujtahid-mujtahid Ikhwanul Muslimin terkait sistem ekonomi islam.  Akan dibawa kemana sistem perekonomian Indonesia jika mereka memimpin?? Lagi-lagi BLUEPRINT-nya pun tak jelas.   Tambah lagi selama ini “pergulatan ide2 mendasar tentang sistem ekonomi” tidak menjadi konsen dari partai ini.  Maaf, saya belum pernah mendengar bahwa partai ini melakukan  brainstroming mengundang berbagai pakar ekonomi, untuk mengagas perekonomian alternatif bagi Indonesia.   Yg terjadi hanyalah sejumlah bantahan terhadap intrik2 yang gak penting banget bagi kesejahteraan Indonesia terkait ulah para kadernya.  Tampaknya, dari berbagai intrik-intrik yang ada…partai ini punya basis kuat secara internal partai terapi belum siap memimpin Indonesia.

PDI-P??? Ironis!!! Partai ini partai wong cilik, partai rakyat tumbuh dan berkembang dari desakan rakyat.  Namun selama Mega memimpin justeru ideologi ekonomi liberalis yang mendominasi.  Entahlah saya masih sanksi partai ini mempunyai keberanian untuk mengubah kiblat ekonomi bangsa ini atau seperti yang pernah terjadi “partai ini terjebak dengan sistem neoliberal yang terlanjur mengakar di Indonesia”???

Lalu Gerindra???  Saya sempat bertanya siapakah Tim Ekonomi yang dipilih Gerindra. Twitt Prabowo cukup transparan menjawabnya.  Terus terang agak Speechless.  Di antara semua calon, hanya dari partai ini yang menawarkan program ekonomi, namun…..bagaimana ya? Saya masih diantara sangsi dan menaruh harapan.  Mungkin lebih baik baca ulasan ini aja, silahkan >> Ekonomi Kaki-5

Golkar ?? Pastinya 11-12 dengan demokrat, bedanya Golkar tumbuh di Indonesia, jadi keputusan-keputusan liberalnya masih akan mempertimbangkan kultur dan budaya Indonesia dan rasa nasionalisme sebagai bangsa Indonesia tentunya.  Selainnya??? Jangan terlalu berhadap deh akan adanya perubahan ekonomi yang azasi.

Hanura?? masih idem sama Golkar.  Bisa dikatakan bahwa HANURA adalah THE REAL GOLKAR, karena HANURA menjaga militansi nasionalisme sebagai bangsa Indonesia.

PBB, PKB, dan PPP merupakan partai-partai Islam yang lahir di Indonesia.  Namun BLUEPRINT sistem perekonomian yang dianut partai2 ini juga belum jelas.

Itulah pilihan saya!!! Saya akan memilih calon yang punya BLUEPRINT SISTEM EKONOMI berbasis pada rakyat.  Saya menunggu partai apa yg secara terang-terangan mau menggunakan TIM & PAKAR EKONOMI KERAKYATAN.   Sudah bukan saatnya lagi menggunakan jargon2 bersifat SARA atau IRONIS lagi milih karena GAGAH dan TAMPAN MENYANDANG SENAPAN (#halahhh seperti lagu Kopral Jono saja!!!).

So, bagaimana pilihan anda?? Apa kriteria anda??? Let’s Think!!! Satu suara anda, rakyat taruhannya!!!